Jumat, 10 Juni 2016

Kebakaran

Disusun oleh : demora armelsi saktiwi


Image result for kebakaran hutan 


Kebakaran hutan, kebakaran vegetasi, atau kebakaran semak adalah sebuah yang terja. Kebakaran di dialam liar. Tetapi juga dapat memusnahkan rumah-rumah dan lahan pertanian disekitarnya. Pada saat itu kebakaran hutan di Kalimantan timur yang terjadi pada tahun 1983 merupakan suatu fenomena bencana di hutan hujan tropis dataran rendah di Indonesia. Peristiwa itu menunjukan bagaimana kondisi alam dan kegiatan manusia dapat secara bersama-sama menimbulkan suatu situasi, sehingga bahwa hutan di daerah tropika yang terletak di katulistiwa itu terbakar.

Penyebab umum kebakaran adalah petir, kecerobohan manusia, dan pembakaran, musim kemarau dan pencegahan kebakaran hutan kecil adalah penyebab utama kebakaran hutan besar. Penyebab kebakaran hutan antara lain sambaran petir pada hutan yang kering, kecerobohan manusia antara lain membuang puntung rokok sembarangan dan lupa mematikan api di perkemahan.
Penyebab lainnya adalah aktivitas vulkanis seperti terkena aliran lahar atau awan panas dari letusan gunung berapi dan kebakaran dibawah tanah/ground fire pada daerah tanah gambut yang dapat menyulut kebakaran diatas tanah pada saat musim kemarau.

Dampak yang ditimbulkan dari kebakaran liat antara lain : menyebarkan emisi gas karbon dioksida ke atmosfer. Kebakaran hutan pada 1997 menimbulkan emisi/penyebaran sebanyak 2,6 miliar ton karbon dioksida ke atmosfer (sumber majalah nature 2002) kebakaran juga dapat menyebabkan banyak spesies disuatu daerah punah, menyebabkan banjir selama beberapa minggu kekeringan, polkisi asap juga bisa menambah suatu penyakir.
Upayanya adalah tidak membakan hutan, melestarikan hutan, tidak merusak hutan dengan cara membuang punting rokok sembarangan

  sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Kebakaran_liar
 http://www.irwantoshut.com/kebakaran_hutan_kaltim.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar