Senin, 16 Mei 2016

TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS "GLOBAL WARNING"

PEMANASAN GLOBAL ( GLOBAL WARMING )
DISUSUN OLEH : RATIH BUNGA UTARI

Pernyataan umum:
Pemanasan global adalah proses peningkatan suhu rata-ratadiseluruh permukaan bumi pada bagian atmosfir bagian laut dan daratan bumi. Beberapa hal yang masih diragukan pada ilmuan adalah mengenai jumlah pemanasan yang diperkirakanakan terjadi di masa depan dan bagaimana pemanasan serta perubahan-perubahan yang terjadi tersebut akan akan bervariasi dari satu daerah ke daerah yang lain. Saat ini terjadi perdebatan politik dan dunia membalikan pemanasan lebih lanjut atau untul beradaptasi terhadap konsekuensi-konsekuensi yang ada.

Urutan sebab-akibat
PENYEBAB PEMANASAN GLOBAL DIRUMAH
1.    Penggunaan listrik berlebihan
Penggunaan listrik yang terlalu banyak dirumah semakin banyak alat elektronik dirumah maka penggunaan listrik akan banyak. Akibatnya energi yang dibutuhkan oleh pembangkit listrik semalin banyak. Hal tersebut dapat meningkatkan pemanasan global.
2.    Kurangnya pepohonan
Pohon juga dapat menjadi alat untuk mengatasi suhu panas dan menghirup CO2 yang menjadi salah satu penyebab pemanasan global.
3.    Rumah kaca
Dampak yang ditimbulkan adalah ia tidak dapat menyerap matahari melainkan memantulkan ke udara semakin banyak rumah kaca maka semakin panas lingkungan ini.



PENYEBAB PEMANASAN GLOBAL DAN LINGKUNGA MASYARAKAT
1.    Jumlah kendaraan yang meningkat
Hasil pembakaran kendaraan bermotor  dapat menyebabkan pemanasan global pasokan energi dunia akan cepat habis.
2.    Asap pubrik
Asap pabrik yang dikeluarkan setiap harinya dapat menyebabkan pemanasan global.
3.    Pembakaran hutan
Pembakaran hutan secara ilegal sehingga kita tidak bisa mendapatkan manfaat dari hutan yaitu untuk mengambil gas CO2 masalah lain. Yang muncul adalah seringnya terjadi banjir.


PENYEBAB PEMANASAN GLOBAL DARI ALAM
1.    Kondisi lapisan ozon yang semakin tipis
Lapisan ozon bermanfaat untul melindungi penduduk bumi dengan cara memfilter sinar matahari agar gelombang yang berbahaya tidak sampai kebumi. Tetapi karena banyaknya gas yang berada diudara menyebabkan kebocoran pada lapizan ozon.
2.    Kondisi bumi yang tua
Usia bumi diperkiraakan sudah mencapai 4,6 milyar setiap generasi pasti menyebabkan perubahan pada lingkunganya termasuk menyebabkan pemanasan global sedikit demi sedikit.
 DAMPAK PEMANASAN GLOBAL
Dampak pemanasan global terhadap cuaca. Para ilmuan memperkiran bahwa selama pemanasan global, daerah bagian Utara dari belahan Bumi Utara akan memanas lebih dari daerah-daerah lain dibumi. Akibatnya gunung-gunung es akan mencair dan daratan akan mengecil. Akan lebih sedikit es yang terapung diperairan Utara tersebut.


SOLUSI PEMANASAN GLOBAL
Solusi menanggulangi pemanasan global yaitu hemat listrik, menanam pohon, mengurangi penggunaan kendaraan berasap serta langkah nebcegah pemanasan global secara kolektif yaitu menggunakan energi alternatif, melestarikan hutan, memnghapus penggunaan CFC. Mengurangi karbon.

SUMBER :
2.      http/kampus-biologi.blogspot.co/id/2015/04/pemanasan-global-penyebab-dampak-proses.html  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar