Jumat, 13 Mei 2016

TEKS EKSPLANASI "GERHANA BULAN"



Gerhana Bulan
Disusun Oleh: Laras Dewi Fortune
 


Pernyataan umum :

Gerhana bulan merupakan suatu peristiwa dimana cahaya bulan menghilang. Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi jika bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama. Ada tiga jenis gerhana bulan yaitu gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian, dan gerhana bulan penumbra.
Urutan sebab-akibat :
Gerhana bulan muncul jika bulan sedang berposisi dengan matahari. Tetapi karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5º, maka tidak setiap oposisi bulan dengan matahari akan mengabitkan terjadinya gerhana bulan. Perpotongan bidang orbit bukan dengan bidang ekliptika akan menunjukan dua buah titik potong yang disebut node, yaitu titik dimana bulan memotong bidang ekliptika. Gerhana bulan ini akan terjadi saat bulan beroposisi pada node tersebut.
Urutan sebab-akibat :
Pada peristiwa gerhana bulan, bulan masih dapat terlihat. Hal ini disebabkan oleh adanya sinar matahari yang dibelokkan kearah bulan oleh atmosfer bumi. Dan dari sinar yang dibelokkan, memiliki spektrum cahaya merah, yang mengakibatkan pada saat gerhana bulan, bulan akan tampak berwarna gelap, bisa berwarna merah tembaga, jingga, ataupun coklat.

Sumber:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar