Jumat, 13 Mei 2016

Gunung Meletus

Oleh : Rosita Setianingsih



Pernyataan umum
Gunung meletus merupakan peristiwa yang terjadi akibat endapan magma didalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. Dari letusan-letusan seperti inilah gunung  berapi terbentuk. Letusannya yang membawa abu dan batu menyembur dengan keras sejauh radius 18 km atau lebih, sedangkan lavanya bisa membanjiri daerah sejauh radius 90 km.
Penggolongan
          Tidak semua gunung berapi sering meletus. Gunung berapi yang sering meletus disebut gunung berapi aktif. Gunung berapi memiliki tipe-tipe diantaranya : gunung berapi kerucut atau gunung berapi strato (strato vulcano), gunung berapi perisai (shield vulcano), dan gunung berapi maar.

Sebab – akibat
          Secara geografis, Indonesia terletak diantara dua samudra (Pasifik dan Hindia) dan dua benua (Asia dan Australia). Selain itu Indonesia terletak diatas pertemuan tiga lempeng bumi yaitu, lempeng Eurasia, lempeng Indoaustralia, dan lempeng pasifik. Pertemuan dari tiga lempeng diatas menyebabkan terjadinya aktivitas magma didalam bumi, hal ini yang menyebabkan mengapa di Indonesia banyak terdapat gunung berapi.
Sebab – akibat
          Letusan gunung berapi dapat menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang besar sampai ribuan kilometer jauhnya dan bahkan bisa mempengaruhi putaran iklim dibmi ini.hasil letusan gunung berapi berupa, gas vulkanik, lava dan aliran pasir serta batu panas, lahar (abu letuasan), dan awan panas.
Dampak
          Abu letusan gunung berapi membawa dampak buruk yaitu permasalahan pernafasan, kesulitan penglihatan pencemaran sumber air bersih, menyebabkan badai listrik, mengganggu kerja mesin dan kendaraan bermotor, merusak atap, merusak ladang, merusak infrastrukstur tubuh.
Upaya
          Upaya untuk memperkecil jumlah korban jiwa dan kerugian harta benda akibat letusan gunung berapi dapat dilakukan dengan cara pemantauan, tanggap darurat, pemetaan, penyelidikan gunung berapi menggunakan metode Geologi, Geofisika, dan Geokimia serta melakukan sosialisasi kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat yang tinggal disekitar gunng berapi.

Sumber
alampenuhbencana.blogspot.com/p/gunung-meletus.html
nurhadiprayogi.blogspot.com/2013/10/makalah-gunung-meletus.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar