Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 21 November 2014

Kenny G: Maestro Saksofon

Oleh: Faisal Hidayat

Pencipta musik instrumental, pasti mengenal sosok pria berambut keriting ini. Kenneth Bruce Gorelick atau yang lebih dikenal dengan nama Kenny G, itulah nama peniup saksofon yang paling terkenal di dunia musik. Ia mengadopsi nama Kenny G saat memulai debut profesionalnya pada usia 17 tahun, Kenny G mengenal dan memainkan saksofon sejak berusia 10 tahun tepat pada tahun 1966. Kenny G mengalami kegagalan dalam hubungannya dengan Janice Deleon ( 15 Juni 1980 - cerai ) dan Balynda Helene Benson ( 5 April 1992 – proses cerai ). Dan Kenny G juga memiliki dua anak laki-laki yang bernama Max dan Noah.

Selama hampir 38 tahun, Kenny G mencoba mengukir industri musik dengan segudang karya dan prestasi, terdapat satu prestasi Kenny G yang tak terlupakan di era kebangkitan musik jaz, sekitar tahun 1997. Saat itu Kenny G memecahkan rekor Guinness dengan memainkan satu nada terlama menggunakan saksofon. Lewat pernapasan sempurna, Kenny G mampu menahan nada E flat selama 45 menit 47 detik.

Saat ini nama Kenny G masuk dalam katagori pemusik jaz terkenal di dunia. Meskipun ia tidak rutin menelurkan album, karya-karya Kenny G jelas tidak bisa diremehkan. Pembuktian pada pertengahan November 2011 yang lalu, Kenny G mengadakan konser di Jakarta dan ternyata banyak penikmat musik instrumental, jaz dan penggemarnya di Indonesia menanti konser tersebut.

Kenny G meluncurkan begitu banyak album. Sebagian besar dikerjakan dengan bekerja sama penyanyi terkenal seperti Andrea Bocelli, Whitney Houston, Peabo Bryson, Natalie Cole, Steve Miller, Michael Bolton, dan Celine Dion. Album kedua dan ketiganyapun berhasil meraih platinum di AS. Sukses album pertama menular di album keempat dan kelimanya.

Bahkan album keenamnya menjadi album instrumental paling laku sepanjang sejarah, dengan terjual lebih dari 15 juta kopi di dunia. Di luar kebaisaan Kenny G meniup saksofon, ternyata Kenny G pun ahli dalam menerbangkan pesawat. Ia juga peran sertanya sebagai pendiri dan pemilik modal Starbuck.

Sementara itu untuk urusan karier, Kenny G mulai dikenal sebagai seorang pemain cadangan pada Barry White’s Love Unlimited Orchestra, pada 1973. Kala itu ia masih berusia 17 tahun. Berkat tampil sebagai pemain cadangan, Kenny G memutuskan untuk tetap bermain saksofon secara professional hingga sekarang.

Selama kuliah di jurusan akuntansi University of Washington, hingga saat meraih gelarnya predikatmagna Cum laude, saksofon selalu menemaniinya. Sebelum bersolo karier, Kenny g sempat bergabung dengan band beraliran funk bernama Cold, Bold & Together. Ia pun menjadi anggota kehormatan The Jeff Lober Fusion. Pada 1982 Kenny G menandatangani kontrak pertamanya dengan Arista Records, setelah sang presiden rumah rekaman tersebut mendengarnya memainkan lagu ABBA Dancing Quenn.

Kenny G memang sempantasnya menjadi tokoh dunia karena ia memiliki segudang karya dan prestasinya dalam dunia musik, khususnya instrumental dan jaz. Salah satu prestasinya yaitu ia memecahkan rekor Guinness dengan memainkan satu nada terlama menggunakan saksofonnya selama 45 menit 47 detik.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar