Sabtu, 22 November 2014

David Beckham: Sang Legenda Dunia Sepak Bola

Oleh: Shaskya Ananda Juventina


David Robert Joseph Beckham, atau dengan nama populer David Beckham yang akrab dipanggil dengan sebutan Beckham lahir pada 2 Mei 1975 di Leytonstone, London. Ia adalah seorang pemain sepak bola Inggris. Ia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara Lynne dan Joanne. Ayahnya David Edward Alan "Ted" Beckham berprofesi sebagai tukang reparasi alat rumah tangga, dan ibunya Sandra Georgina berprofesi sebagai penata rambut. Tahun 1997 Beckham memulai hubungannya dengan Victoria Adams, yang dikenal sebagai anggota band Spice Girls, Dan pada musim 1999 ia menikah dengan Victoria di Irlandia pada tanggal 4 Juli 1999. Dari hasil pernikahannya, ia mendapat 3 orang anak laki-laki yang diberi nama Brokklyn Joseph, Romeo James, dan Cruz David, serta seorang anak perempuan bernama Harper Seven. 

Walaupun dia lahir di London, namun klub favoritnya adalah The Red Devils (Manchester United) yang terpengaruh oleh rasa kecintaan ayahnya pada klub tersebut. Ia telah bermain sepak bola semenjak usia lima tahun. Kemudian dia bergabung dengan akademi sepak bola Bobby Charlton, pemain legendaris Inggris, awal karirnya dimulai pada waktu kompetisi yang diadakan oleh Charlton, Bobby Charlton Soccer Schools National Skills competition, seorang pencari bakat dari MU terpukau oleh permainan David. Ia bergabung dengan klub favoritnya tersebut, Manchester United, dan meninggalkan rumahnya pada usianya yang ke enam belas pada tahun 1993. 

Di musim 1994/1995 Beckham mendapat banyak kecaman karena pada saat itu usianya masih sangat muda. Tapi di akhir musim, Beckham membuktikan pilihan pelatihnya Alex Ferguson tepat dengan memenangi Premiership dan FA Cup. Di ajang internasional, Beckham tampil pertama kali untuk tim nasional Inggris pada 1 September 1996, dalam usia 21 tahun. Debut pertamanya dalam SKUAD Tim Senior dimulai setelah dua tahun masa bergabungnya dengan MU hingga ia dinyatakan sebagai pemain muda berbakat, The Professional Footballers Association Young Player, pada tahun 1997. Bersama United, Beckham memenangi enam gelar Liga Utama Inggris, dua Piala FA dan Liga Champions UEFA pada 1999.

Beckham ditetapkan sebagai kapten Inggris pada tanggal 15 November 2000 dan ikut bermain di pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Dia adalah kapten tim selama enam tahun dimana dia tampil 58 kali. Dia mengoleksi total 115 pertandingan membela Inggris. Puncak kepahlawanannya terjadi ketika menghadapi Yunani pada 6 Oktober 2001, di pertandingan terakhir kualifikasi piala dunia, para pemain Inggris bermain buruk, Beckham menjadi inspirator. Pada tahun ini Beckham menjadi BBC Sports Personality of the Year dan menjadi peringkat dua Pemain Terbaik Dunia, hanya kalah dari Luis Figo.

Pada tanggal 12 Juni 2002 Beckham mendapat gelar OBE dari Ratu Inggris, OBE merupakan singkatan dari Order Of The British Empire. Di awal musim 2003/2004 dia dijual ke Real Madrid dengan harga 35 Juta Euro. Di sana ia memakai kaus nomor 23. Di Real Madrid Beckham dengan cepat menjadi idola para penggemar Real Madrid. Beckham telah dua kali tampil sebagai pemenang kedua Pemain Terbaik Dunia FIFA dan pada tahun 2004, adalah pemain sepak bola dengan bayaran terbesar jika menyertakan gaji dan penghasilannya dari iklan-iklan yang dibintanginya. Pada Januari 2005, Beckham menjadi ikon organisasi anak dunia, UNICEF. Dia juga berteman dengan beberapa artis terkenal seperti Robbie Williams, Snoop Dogg, dan Tom Cruise.

Di Piala dunia 2006, Inggris membawa banyak pemain muda potensial. Di babak 16 besar lagi-lagi Beckham menjadi pahlawan setelah ia menjadi satu-satunya yang menghasilkan gol di pertandingan melawan Ekuador melalui tendangan bebas. Sehari setelah tersingkir Beckham menyatakan pensiun dari jabatan kapten timnas Inggris, tapi masih ingin bermain untuk timnas Inggris.

Pada Juli 2007, Beckham menandatangani kontrak lima tahun bersama klub Major League Soccer, Los Angeles Galaxy. Beckham adalah pemain Britania pertama yang memainkan 100 laga Liga Champions ketika pindah ke MLS pada 2007, dia menjadi pemain dengan gaji tertinggi sepanjang sejarah liga tersebut, US$ 6.5 juta per tahun. Berkat permainan yang cemerlang di akhir musim, Beckham berhasil membawa Real Madrid menjadi juara La Liga 2006/2007. Ketika berseragam Galaxy, ia menghabiskan dua masa peminjaman ke Italia bersama Milan pada 2009 dan 2010.

Dan pada awal musim 2011-2012 ia ditawari kontrak bermain oleh Paris Saint-Germaint namun ia menolak nya karena keluarganya lebih nyaman di Los Angeles. Beckham pun memperpanjang kontraknya di LA Galaxy. Pada tanggal 31 Januari 2013 menjelang batas waktu transfer, diumumkan bahwa Beckham menjalani serangkaian tes medis dengan PSG. Beckham kemudian menandatangani kontrak lima-bulan dengan klub sore itu dan menegaskan bahwa seluruh gajinya selama di Paris akan disumbangkan untuk amal anak-anak lokal.

Ia tercatat pernah membela Manchester United, Preston North End, Real Madrid, Milan, Los Angeles Galaxy, Paris Saint-Germain, dan Tim Nasional Sepak Bola Inggris, dimana ia memegang rekor penampilan untuk pemain nonkiper, dan juga pemain Inggris pertama yang memenangi gelar juara liga di empat negara berbeda. Dia mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola profesional di akhir musim Ligue 1 2012–2013 pada 16 Mei 2013.

David Beckham adalah seorang yang memiliki banyak talenta dalam hidupnya. Selain menjadi seorang pemain sepak bola karirnya sebagai selebriti juga sangat cemerlang. Dia selalu bekerja keras dalam meraih impiannya terbukti dia mampu meraih banyak penghargaan. Pada sebuah situs www.askmen.com disebutkan bahwa “David Beckham tidak akan pernah menjadi pesebakbola terbaik di dunia, namun kepopulerannya, ketampanannya, kekarismatikannya, dan juga kepribadiannyalah yang menjadikannya seorang yang dapat menjadi legenda dunia sepak bola”.

Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar